-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Awal Kebangkitan Eropa

Posting Komentar
Penjelasan I. Pada awal kebangkitannya, bansa Eropa harus menghadapi tantangan yang sangat berat. Masih ada kekeuatan-kekuatan Islam yang sulit dikalahkan terutama kekuatan dari kerajaan Islam Usmani yang berpusat di Turki.
Oleh karena itu tidak ada jalan lain bagi mereka selain harus berani membelah lautan yang selama ini hanya dijadikan dinding penghalang bagi mereka. Desakan kenyataan ini membuat mereka mau berpikir dan meneliti rahasia-rahasia alam, berusaha menaklukan lautan dan maun menjelajahi benua-benua yang sebelumnya diliputi kegelapan.

Pada 1492 M Christoper Columbus menemukan benua Amerika dan Vasco da Gama menemukan jalan ke timur melalui tanjung harapan tahun 1498. Dari sinilah benua Amerika dan kepualauan Hindia jatuh ke tangan bangsa Barat. Dua penemuan ini memiliki nilai yang tiada bandingnya, sehingga bangsa Barat mengalami kemajuan dalam perdagangan karena berhenti dari ketergantungan pada jalur perdagangan lama yang harus melewati wilayah-wilayah yang dikuasai umat Islam. 

Dari penemuan iitu, bangsa barat telah berhasil menjadi pengelana dan menaklukan luasnya samudra sehingga perlombaan didunia barat kini adalah menaklukan negara-negara Timur dan benua Amerika. Sejak saat itulah rotasi yang sangat tajam dialami oleh bangsa Barat. Mereka mengalami kemajuan di bidang perdagangan yang menggenjot laju ekonomi masyarakatnya serta peradaban yang terus berkembang. Sementara perekonomian dan perkembangan peradaban di dunia Islam malah terus mengalami kemunduran yang sangat drastis.

Dengan daerah-daerah baru yang behasil dibuka dan dikuasainya membuat perekonomian dan peradabannya semakin mengalami kemajuan. Dari daerah-daerah baru ini mereka mendapatkan kekayaan yang tidak terhingga yang bisa digunakan untuk mensejahterakan negaranya. Dalam waktu yang sangat singkat akhirnya bangsa Barat berhasi melampau umat Islam dalam kemajuan yang sudah lama mengalami perpecahan dan kemunduran. 

Kemajuan ilmu pengetahuan didunia Barat, mendorong banyak penemuan dibidang sains dan teknologi yang dihasilkan dari penelitian yang mereka lakukan. Hal ini pula yang berhasil mendorong bangsa Barat kearah kemajuan yang sangat cepat dan pesat. Teknologi militer dan perkapalan pun berkembang dengan cepat. Bangsa Eropa berhasi menjadi yang pertama sebagai penguasa lautan, memiliki kebebasan melakukan perdagangan ke berbagai penjuru dunia tanpa harus mengahadapi hambatan dari lawan-lawan mereka terutama umat Islam.

Dengan berbagai kemajuan yang dialami bangsa Barat, akhirnya mereka berhasil menaklukan satu-per satu kekuasaan Islam dan menjadikannya sebagai negeri-negeri jajahan bagi mereka. Dengan kondisi berlawanan dari yang dialami bangsa Barat, umat Islam tidak lagi memiliki kekuatan dan tidak berdaya melawan kekuatan politik, ekonomi dan kekuatan militer yang dimiliki oleh bangsa Barat yang semakin nyaman menjalankan misi penjajahannya didunia Islam.

Peta awak kebangkitan bangsa eropa

Negeri Islam yang menjadi sasaran pertama penaklukan dari bangsa Barat adalah negeri yang jauh dari pusat kekuasaan kerajaan Usmani. Karena kendati kerajaan Usmani terus mengalami kemunduran namun, kekuatan kerajaan Usmani ini masih menjadi kekuatan yang sangat disegani oleh Bangsa Barat. Negeri-negeri islam yang berhasil ditaklukan oleh mereka adalah negeri-negeri dikawasan Asia tenggara dan di Anak benua India, kemudian pada masa-masa berikutnya negeri-negeri Islam di Timur tengah berhasil dikalahkan.
Asep Rois
Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter