-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Imperialisme Barat

Posting Komentar
Jatuhnya Bagdad ke tangan bangsa Mongol pada tahun 1258 M tidak hanya merupakan awal dari terjadinya cengkraman bangsa Barat terhadap dunia Islam.
Tetapi juga merupakan titik awal dari kemunduran Islam hingga terbelakang ketika memasuki era modern. Bangsa Barat berhasil mengeruk kekayaan yang ada di wilayah umat Islam, tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga ilmu pengetahuan yang sempat menjadi kekayaan tertinggi yang dimiliki umat Islam. Bila sejarah ini dikaji lebih mendalam akan ada pelajaran yang bisa diambil dari imperialisme barat di dunia Islam.

Dalam catatan sejarah Indonesia merupakan wilayah yang selama 350 tahun menjalani masa pahit penjajahan bangsa Barat. Selama itu pula kekayaan yang dimiliki terus di keruk dan dianggkut, sementara rakyat tidak memiliki kebebasan menikmati kekayaannya sendiri. Selama itu pula derita rakyat menjadi ciri khas kehidupan di kesehariannya.

Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Imperialisme Barat

Tetapi waktu memang terus berputar, sejarah pun berputar mengikuti waktu. Kini setelah masa kelam itu selesai maka yang paling penting adalah menatap tantangan yang harus dihadapi dimasa depan. Sejarah yang sudah berlalu harus bisa menjadi pelajaran guna mempersiapkan langkah-langkah ke depan. Sehingga kesalahan yang telah terjadi dimasa silam tidak terulang lagi dimasa yang akan datang. 

Setidaknya ada tiga pelajaran yang bisa diambil dari sejarah imperialisme barat terhadap dunia Islam.

  • Umat Islam harus bisa menata perekonomian bangsanya dengan kuat. Perekonomian merupakan salah satu sendi yang dapat mengukuhkan kehidupan bangsa. Kondisi perekonomian yang rapuh akan menimbulkan penderitaan yang berkepanjangan bagi rakyat sebuah bangsa selain itu bangsa akan mudah dijajah kembali oleh kaum imperialis.
  • Umat Islam harus menjaga dan melestarikan kebudayaan Islam yang merupaka warisan peradaban masa lalu. Andalusia tercatat dalam sejarah telah mewariskan kemegahan peradaban yang gemilang. Tetapi, karena kelengahan terhadap peradaban sendiri akhirnya bisa direnggut oleh kaum imperialis dan digantikan dengan peradaban mereka. 
  • Slogan Negara Kesatauan Republik Indonesia (NKRI) harga mati harus menjadi jiwa bangsa Indonesia bila tidak ingin kembali kedalam kungkungan imperialis, dari manapun mereka sumbernya. Bahkan imperialis ini bisa muncul tidak hanya dari barat, melainkan dari timurpun harus mulai diwaspadai.
Belajar dari pahitnya sejarah masa lalu adalah kewajiban yang harus dipikul oleh segenap Umat Islam. Agar tidak ada lagi kekeliruan dalam mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam yang sebenarnya bisa menyelamatkan Umat manusia dalam kehidupan abadi diakhirat nanti.

Baca Juga:
Asep Rois
Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter