-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Pemikiran Jamaludin al-Afghani

Posting Komentar
Pemikiran Jamaludin al-Afghani dalam sejarah pembaruan Islam telah melahirkan sebuah gerakan yang sangat mashur dalam sejarah yaitu sebuah gerakan yang bernama Pan-Islamisme. Gerakan ini memiliki dua tujuan utama yaitu; 

  1. Membangun dunia Islam dibawah satu pemerintahan
  2. Mengusir kaum imperialis Barat dari dunia Islam pada waktu itu.
Jamaludin al-Afghani setelah melihat kemunduran umat Islam dan menganalisisnya. Kemudian mencari berbagai sebab yang menjadi faktor kemunduran umat Islam ini serta mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi oleh dunia Islam pada waktu itu. Dari sinilah dia mulai meluncurkan pemikiran-pemikirannya.
Baca Juga : Inspirasi Pemikiran Jamaludin Al-Afghani Untuk Pembaharuan Islam 
Inilah ide pemikiran Jamaludin al-Afghani :

  1. Ajaran Islam adalah ajaran yang akan selalu sesuai dengan perkembangan masa dan dimana pun, baik untuk bangsa Arab atau non Arab.
  2. Penyebab kemunduran umat Islam adalah karena kebanyakan dari mereka telah meninggalkan ajaran Islam yang sebenarnya, yang kemudian terjebak dalam melaksanakan ajaran islam yang tidak sesuai syari'at. Misalnya dalam memahami pengertian takdir dalam keimanan serta pengertian fana dalam ajaran tasawuf. 
  3. Pemerintahan raja-raja Islam yang absolut yang memaksa dan memeras rakyatnya sembari ada pembenaran dari ulama-ulama yang mengabdi di kerajaannya. Oleh karena itulah, rakyat harus didorong menjadi cerdas sampai akhirnya belenggu taklid buta terlepas dari mereka.
  4. Lemahnya persaudaraan diantara umat Islam adalah alasan untuk membangun dan menumbuhkan solidaritas umat Islam sedunia (Pan-Islamisme) agar umat Islam ada dalam pemerintahan yang demokratis. Dengan cara inilah umat Islam akan mendapatkan kemerdekaannya kembali dan terbebas dari belenggu penjajahan bangsa Barat.
  5. Tentang umat Nasrani dia berpendapat; Sekalipun mereka berlainan keturunan dan kebangsaan namun mereka bisa menyatu dalam menghadapi dunia Islam, penjajahan barat adalah kelanjutan dari perang salib, mereka sengaja menghalang-halangi kebangkitan dunia Islam dan oleh sebab itulah tidak ada jalan lain bagi umat Islam selain mengadakan perlawanan kepada mereka.
  6. Jamaludin al-Afghani dalam upaya membangun ilmu pengetahuan, peradaban dan kebudayaan Islam, dia menganjurkan agar seluruh umat Islam berjuang dengan sekeras-kerasnya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang telah dicapai oleh bangsa Barat. Nasib seluruh umat Islam pada hakikatnya ada ditangannya sendiri-sendiri. Umat Islam harus bangkit dan menanggalkan kebodohan yang selama ini telah mengekangnya dalam kemunduran.
  7. Jamaludin al-Afghani merupakan  orang yang juga mengamalkan ajaran tasawuf. Dalam hal ini pemikiran terkenalnya adalah mengenai arti perjalanan menuju fana, yang selama ini diartikan sebagai tazkiyatunnafsi yang harus melebur diri dengan zuhud meninggalkan semua kepentiangan yang dianggap sebagai kepentingan duniawi. Fana ditafsirkan berbeda olehnya, bahwa pengertian menuju fana adalah melebur kepentingan pribadi dalam kepentingan dan perjuangan bersama dan zuhud seperti inilah yang dituntunkan oleh ajaran Islam yang sebenarnya.

Biografi


Ide dan Pemikiran Jamaludin al-Afghani

Nama : Jamaludin al-Afghani
Lahir  : Asadabad Afganistan tahun 1838 M
Gelar yang diberikan kepada beliau adalah "Sayyid" yang menandakan bahwa pada diri beliau mengalir darah bangsawan yang bermuara pada Fatimah binti Nabi Muhammad saw dan Ali ibn Abi Thalib.

Kesimpulan

Pemikiran yang lahir dari Jamaludin al-Afghani merupakan pesan yang nyata untuk semua Umat Islam agar mau bersatu, berjuang dan selalu istiqomah dalam menjalankan ajaran Islam. Karena kehadiran Islam ditengah kehidupan manusia ini adalah untuk memabawa mereka ke jalan keselamatan terutama untuk umat Islam sendiri agar tidak hanya mendapatkan keselamatan dunia, melainkan yang terpenting adalah keselamatan akhirat.
Asep Rois
Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter