-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Kenapa Peradaban Islam Dulu Pernah Jaya dan Menjadi Pusat Dunia

Posting Komentar

Kenapa Peradaban Islam Dulu Pernah Jaya dan Menjadi Pusat Dunia

Apa kabar?, Bersama lagi dengan mimin dinisi, pada kali ini akan membawakan mengenai peradaban dunia islam Kenapa Peradaban Islam Dulu Pernah Jaya dan Menjadi Pusat Dunia silahkan simak selengkapnya ya...

Kejayaan peradaban Islam dapat tercapai karena beberapa faktor. Salah satu faktor besar nya adalah adanya pengelolaan badan yang profesional (WAKAF PRODUKTIF).

Salah satu pengelolaan aktiva badan adalah diperuntukan dalam pendidikan Islam yang diajarkan di Masjid-masjid.

Tidak hanya sebagai tempat buat shalat, Masjid juga digunakan buat tempat pendidikan dan pengajaran. Pada masa itu dikenal dengan nama Kutab.

Ini adalah sejenis tempat pendidikan yang mengarahkan berbagai macam ilmu keislaman. Kegiatan ini dilakukan tak lain sebagai upaya buat mencerdaskan dan membangun peradaban umat Islam.

Dari masjid-masjid itu lahirlah beribu-ribu sekolah yang melahirkan ilmuwan-ilmuwan besar. Semua ini tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan umat Islam dalam mengelola aktiva wakaf.

Pendidikan dibiayai secara mandiri oleh umat melalui wakaf, sehingga melahirkan ilmuwan yang independen dan hanya berpihak ala kebenaran. Mereka tidak berhutang kepada siapapun yang mengharuskannya membawa misi tertentu.

Mereka menyebarkan ilmunya kepada umat dengan motivasi semata-mata karena Allah subhanahu wata'ala.

Di berjibun negara muslim badan buat pendidikan hingga kini masih terus dilakukan. Terutama dalam bentuk beasiswa, bayaran pengajar, biaya riset, pembiayaan sarana dan prasarana pendidikan dan lain sebagainya.

Salah satu contoh badan buat kepentingan ilmiah adalah Universitas Al-Azhar di Mesir yang telah berdiri lebih dari 1000 tahun. Hingga kini pembiayaan universitas kebanggaan umat ini dikelola dari harta wakaf.

Di Indonesia sendiri, juga dilakukan oleh umat Islam, meski pelaksanaanya belum optimal. Kebanyakan masyarakat Indonesia, baru mengenal badan tanah. Masih berjibun yang belum mengenal badan produktif.

Aset badan Tanah di Indonesia sangat besar, namun sayangnya mayoritas masih digunakan buat hal yang kurang baik seperti pertanahan kuburan, mendirikan sekolahan dan panti asuhan.

Pengelolaan aktiva badan buat hal-hal baik seperti buat perhotelan, perkebunan dan pertanian belum berjibun dilakukan. Padahal badan baik dapat menjadi pemopang penting Ekonomi umat Islam.

Oleh sebab itu mari bersama-sama kita sebarkan dan galakan WAKAF PRODUKTIF.



Share Ke Temenmu:

Sekian pembahasan mengenai Kenapa Peradaban Islam Dulu Pernah Jaya dan Menjadi Pusat Dunia semoga artikel ini berfaedah untuk kita semua. Bila ada kata yang khilaf, mohon di koreksi lewat komentar dibawah ini. salam

Sumber Tulisan ini : https://islamwiki.blogspot.com/2017/12/kenapa-peradaban-islam-dulu-pernah-jaya.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter