-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Termaktub dalam Alquran, Inilah Hikmah Rumah Laba-laba bagi Manusia

Posting Komentar

Termaktub dalam Alquran, Inilah Hikmah Rumah Laba-laba bagi Manusia

Assalamu'alaikum, berjumpa kembali dengan mimin dinisi, diartikel ini akan membawakan tentang manusia bodoh Termaktub dalam Alquran, Inilah Hikmah Rumah Laba-laba bagi Manusia ok simak selengkapnya ya...

gomuslim.co.id – Allah menciptakan anak Adam dengan seluruh makhluk yang siap di bumi dengan seluruh keistimewaan serta keunikannya. Selain itu, Allah juga menyelipkan hikmah dengan pelajaran bagi hamba-Nya. Termasuk, binatang yang pernah Allah ucap dalam Alquran yakni Laba-laba.

Laba-laba adalah sejenis binatang berbuku-buku dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dengan tak memiliki arang pengunyah. Dalam usahanya memangsa serangga, Laba-laba menciptakan candik yang sering disebut sebagai bangunan Laba-laba.

Sebagai desain Allah, kelompok lelaba dengan seluruh perikehidupannya memberi banyak pelajaran baik dari muka sains maupun dari muka spiritual, yang harus ditimba manusia.

Hikmah dalam QS Al Ankabut

“Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti lelaba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya bangunan yang paling lemah adalah bangunan lelaba andaikata mereka mengetahui.” (Q.S Al Ankabut Ayat: 41)

Dalam Tafsir Muyassar, dijelaskan tafsirnya sebagai berikut:

Permisalan orang-orang musyrik yang membentuk berhala-berhala selain Allah, mereka menyembahnya dengan harapan mendapat manfaatnya dengan syafaatnya, mereka itu seperti lelaba membuat bangunan yang tak bisa melindunginya dari panas, dingin dengan serangan musuhnya.

Dan sesungguhnya selemah-lemah bangunan adalah bangunan laba-laba, karena bangunan itu tak mengusir rasa dingin darinya dengan tak pula melindunginya dari kepanasan. Demikian pula berhala-berhala mereka, tak mendatangkan manfaat kepada mereka, tak menghindarkan mereka dari mudarat dengan tak memberikan syafaat.

Jika orang-orang musyrik mengetahui kejadian itu maka tidaklah mereka membentuk sembahan itu disembah selain Allah.

Keunikan Jaring Laba-laba

Hasil riset dari para peneliti Arizona State University, Amerika Serikat berhasil membongkar rahasia dominasi sutra laba-laba. Serat yang dipintal lelaba memang kecil dengan halus, namun sutra lelaba banyak kuat, setidaknya lima kali lebih kuat dibanding kawat piano.

Tim peneliti itu menemukan cara memperoleh berbagai sifat elastis fiber serabut sutra candik lelaba utuh memakai gaya hamburan binar laser yang canggih minus harus memotongnya. Mereka mempelajari empat jenis candik laba-laba, dari lelaba jenis Nephila clavipes, A. aurantia, L. hesperus janda hitam barat, dengan P. viridans.

"Serat lelaba memiliki kombinasi dominasi mekanis dengan elastis unik yang membuatnya sebagai salah eka material terkuat," kata Jeffery Yarger, peneliti di Department of Chemistry and Biochemistry di Arizona State University yang terlibat dalam penelitian.

Jaring lelaba adalah polimer biologis yang luar biasa, menyerupai kolagen, materi pada kulit dengan tulang, tetapi strukturnya asing lebih rumit. Tim mempelajari struktur molekuler fiber serabut itu manfaat menciptakan berbagai material, dari baju luar antipeluru hingga tendon artifisial.

Luasnya susunan sifat elastis dengan mekanis sutra lelaba yang diperoleh Yarger dengan barisan banyak memudahkan upaya pemodelan manfaat memahami interaksi sifat mekanis dengan struktur molekul sutra penghasil candik laba-laba.

"Informasi ini akan menjadi cetak biru rekayasa struktural material yang terinspirasi dari alam, seperti gaya bahan dari fiber serabut sintetis yang tepat buat membuat material yang lebih kuat, elastis, dengan mulur," kata Yarger.

Beberapa kelompok bangsa memanfaatkan rajutan candik lelaba buat beberapa keperluan. Masyarakat nelayan di kawasan Samudra Pasifik banyak memakai candik lelaba Nephila sebagai umpan memancing ikan.

Manfaat Air Liur Laba-laba bagi Medis

Selain candik lelaba boleh digunakan sebagai bahan material baju luar antipeluru hingga tendon artifisial, lelaba juga memiliki manfaat lain dalam bidang medis. Sejumlah ilmuwan Universitas Oxford, Inggris, mempertontonkan produk eksplorasi terhadap cairan ludah lelaba di Museum Sains London.

Penelitian itu membuktikan bahwa cairan ludah binatang pemangsa serangga itu ternyata boleh dimanfaatkan buat keperluan kedokteran, tepatnya pembedahan. Bila sudah diolah, cairan ludah lelaba boleh digunakan buat mengganti cairan engsel dengan tendon otot manusia.

Air ludah lelaba menciptakan bahan menyerupai sutra. Dengan asistensi alat industri, protein yang terkandung dalam cairan ludah binatang yang kerap membuat reban berupa candik ini boleh diekstrak dengan dikembangkan. Selanjutnya, molekul-molekulnya diorientasikan sehingga saling menempel.

Bahan dari cairan ludah lelaba yang biasa digunakan binatang ini buat membuat reban atau memperangkap mangsa kemudian dikembangkan buat pembelahan ortopedi.

Protein dari cairan ludah lelaba boleh digunakan buat membuat pengganti cairan engsel lutut atau tendon otot manusia. Ini dimungkinkan oleh sifat cairan tersebut yang tipis, tetapi layak lengket dengan kuat.

Wallahu A'lam Bishowwab

Sumber: 

Tafsir Al Muyassar

Tafsir Ilmi 'Hewan dalam perspektif Alquran dengan Sains' oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dengan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dbs.

Demikianlah detil mengenai Termaktub dalam Alquran, Inilah Hikmah Rumah Laba-laba bagi Manusia semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Bila ada kata yang keliru, mohon di koreksi lewat komentar dibawah ini. terima kasih

Sumber Artikel ini : https://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/2019/08/17/14064/-p-termaktub-dalam-alquran-inilah-hikmah-rumah-laba-laba-bagi-manusia-p-.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter