-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Inilah 3 Misi Bangsa Barat Datang Ke Negara Islam Pada Masa Silam

Posting Komentar
Inilah 3 Misi Bangsa Barat Datang Ke Negara Islam Pada Masa Silam | Terhitung sejak abad-abad pertengahan, bangsa barat mulai menjelajah dunia ke dunia Islam secara masive.


Hal itu didukung dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi alat perang dan teknologi kelautan.

Pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang di Eropa merupakan salah satu faktor yang membuat mereka berhasi menaklukan lautan.

Tanjung harapan adalah salah satu gerbang pembuka perjalanan mereka menuju ke Asia timur, tanpa harus melewati daratan Asia yang sebagian besar dikuasai pasukan Islam

Rute perjalanan dagang utama menuju tiongkok dari Eropa selalu terhalau oleh kekuatan pasukan Islam pada waktu itu. Sehingga menghambat perdagangan yang mereka lakukan.

Laut menjadi jawaban, dari sini mereka (bangsa barat) mulai memetakan dunia. Kemudian mereka memilih wilayah terlemah sebagai wilayah taklukan mereka, sebelum akhirnya berhasil mengalahkan dan menguasai negeri-negeri Islam.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah; Apa motivasi sekaligus misi bangsa barat datang menjelajah ke negeri-negeri Islam?

Inilah 3 Misi Bangsa Barat Datang Ke Negara Islam Pada Masa Silam

Misi penjelajahan bangsa barat ke dunia Islam oleh ahli sejarah di istilahkan dengan 3G (bukan sinyal hp) atau singkatan dari Gold, Glory, Gospel.

Dibawah ini kita akan menggambarkan dengan singkat mengenai misi bangsa barat yang disebut Gold, Glory, Gospel.

Gold

Gold berarti emas, dimana emas melambangkan kekayaan istimewa yang selalu dicari bahkan diperebutkan oleh umat manusia. Intinya mereka ingin mencari emas dan kekayaan lainnya dari dunia timur.

Dalam prinsip kekuasaan mereka; bila ingin menjadi sebuah negara yang besar maka pilihan utamanya adalah mereka harus memiliki banyak emas.

Intinya mereka datang menjelajah ke negeri Islam alasan utamanya adalah untuk mengambil sumber daya kekayaan yang ada sebanyak-banyaknya, yang kemudian akan diangkut ke barat sebagai kekayaan hasil ekspansi.

Glory

Glory berarti kekuasaan, dimana mereka ingin menjadi bangsa yang besar dengan cara memperluas wilayah taklukan.

Dengan berhasil menguasai dan menundukan banyak wilayah, maka mereka akan mendapatkan gelar sebagai bangsa yang besar dan hebat.

Sebenarnya hal itupun merupakan bagian dari perebutan pengaruh kekuasan antar bangsa-bangsa eropa itu sendiri.

Jadi yang merka inginkan, tidak hanya bisa menguasai wilayah mereka jelajahi, tetapi juga mereka ingin menjadi negara yang berpengaruh di wilayahnya (Eropa)

Gospel

Selain 2 misi diatas, ada satu misi lagi yang tidak kalah pentingnya untuk menandakan bahwa mereka sebagai bangsa / negara yang besar.

Yakni, menyebarkan keyakinan keristen dinegeri-negeri Islam, dengan harapan bisa menambah pengikut baru, sekaligus melemahkan kekuasaan yang selama ini melekat sebagai kekuatan yang sulit ditaklukan.

Jadi tujuan menyebarkan keyakinan kristen merupakan misi utama mereka. Karena mereka sadar, bahwa agama merupakan salah satu yang bisa membuat negara menjadi besar.

Bukti

Bukti yang bisa kita temukan terkait 3 misi bangsa Eropa datang menjelajah ke negeri Islam adalah sebagai berikut!

1. Menciptakan VOC untuk melakukan perdagangan monopoli untuk mendapatkan emas
2. Melakukan penjajahan terhadap bangsa Indonesia untuk mendapatkan kejayaan
3. Terbentuknya beberapa gereja yang berada di Indonesia dengan motif seperti gereja spanyol.

Itulah 3 Misi Bangsa Barat Datang Ke Negara Islam Pada Masa Silam.
Dari penjelasan diatas, kita bisa mengambil pelajaran, bahwa 3 hal itu, memang sampai saat ini masih berjalan, namun dengan pola, ukuran dan sistem yang berbeda.

Postingan ini hanya merupaka upaya untuk membantu kalian yang mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah kebudayaan islam sepanjang masa sejarah.

Semoga postingan mengenai misi bangsa Barat menjelajah dunia Islam ini bisa memberikan jawaban yang pantas untuk pertanyaan yang selama ini kalian pendam.
Wassalam.
Asep Rois
Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter