-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Asal Usul Hajar Aswad dan Alasan Menciumnya

Posting Komentar

Asal Usul Hajar Aswad dan Alasan Menciumnya

Apa kabar?, Jumpa lagi dengan mimin dinisi, sesi kali ini akan membahas mengenai sejarah peradaban islam di dunia Asal Usul Hajar Aswad dan Alasan Menciumnya ok simak selengkapnya ya...

Hajar hitam adalah sebuah berangkal berwarna hitam kemerahan yang terletak di pojok Ka'bah pada bagian yang dekat dengan pintu masuk Ka'bah. Batu hitam dengan bentuk lonjong ini dimuliakan oleh umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad Sholallahu 'alaihi wa salam menciumnya ketika melaksanakan umroh dan haji. Kemudian hal ini ditirukan pula oleh para sahabat seperti Abu Bakar dan Umar Bin Khatab. Dan kini jadi sunnah untuk mencium hajar aswad.

Hajar hitam sendiri menurut sebagian riwayat adalah berangkal yang dipercayai berasal dari surga. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dulunya berangkal ini berwarna putih,  akibat gesekan manusia yang penuh dosa sehingga jadi hitam. Mulanya berangkal itu dapat memancarkan binar ke arah barat, timur, Syam dan Yaman hingga ke lembah-lembah bentala Haram.

Imam Thabari menceritakan dalam kitab tafsirnya berdasarkan riwayat yang disandarkan pada Ali Bin Abi Thalib dia berkata bahwa Nabi Ibrahim membentuk pondasi Ka'bah kemudian meninggikannya bersama Nabi Ismail. Ketika hampir selesai, Ismail diminta untuk mencari berangkal sebagai penanda bagi manusia. Nabi Ismail kemudian datang membahwa sebuah batu, namun Nabi Ibrahim tak menyukainya. lau, Ibrahim menyuruh anaknya itu untuk mencari berangkal yang lain.

Tapi ketika Ismail kembali, ia telah mendapati ayahnya itu telah meletakan sebuah berangkal ditempat itu. Lalu Ismail bertanya siapakah yang mengantarkan berangkal itu. Ibrahim menjawab bahwa yang membawanya adalah seseorang yang tak ingin melihatku bersandar padamu (Jibril).

Hajar hitam mulai saat itu jadi berangkal penanda yang dimuliakan. Para malim berpendapat bahwa berangkal itu meski tak memberi manfaat atau mudharat, tetap dimuliakan akibat sebagai tanda untuk mengenang Nabi Ibrahim yang telah bersusah payah membentuk Ka'bah.

Ingin Tahu bentuk atau wujud Hajar Aswad dari Dekat seperti apa?

Silahkan Tonton video berikut ini:



Share Ke Temenmu:

Sekian pembahasan tentang Asal Usul Hajar Aswad dan Alasan Menciumnya semoga tulisan ini menambah wawasan untuk kita semua. Bila ada kata yang khilaf, mohon di koreksi lewat komentar dibawah ini. terima kasih

Sumber Artikel ini : https://islamwiki.blogspot.com/2018/10/asal-usul-hajar-aswad-dan-alasan.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter